CUACA EKSTRIM BERPOTENSI HUJAN LEBAT

kontributor 27 Oktober 2020 10:39:18 WIB

Pemerintah Desa Trimurti menghimbau masyarakat tetap waspada  terhadap cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Potensi hujan yang tinggi juga bisa menimbulkan banjir karena potensi terjadi cuaca ekstrim masih dapat terjadi selama bulan Oktober hingga November, Selasa (27/10).

Dikutip dari suarajogja.id Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi anomali cuaca yang akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Hal tersebut diprediksi sebagai dampak dari potensi ancaman yang disebabkan oleh La Nina di Samudera Pasifik. La Nina dapat berdampak atau memengaruhi perubahan angin menjadi lebih kencang dengan disertai curah hujan yang intensitasnya lebih tinggi. Dari dampak itu akan ditimbulkan efek domino kepada terjadinya potensi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor atau banjir. 

Salah satu cara untuk membantu mengantisipasi hal tersebut adalah dengan membersihkan sungai dan saluran irigasi sebelum intensitas hujan mulai tinggi serta pemangkasan ranting dan dahan pohon yang sekiranya membahayakan. Update terus info dari BMKG agar masyarakat dapat mengantisipasi terjadi cuaca ekstrim.

Komentar atas CUACA EKSTRIM BERPOTENSI HUJAN LEBAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License