Batik Dayat Mangiran

21 Februari 2020 08:36:40 WIB

Dayat merupakan pengrajin parcel yang berasal dari dusun mangiran Rt 125 Trimurti Srandakan Bantul Yogyakarta. Beliau memulai usaha parcel pada tahun sekitar 2006. Berawal dari Bapak Dayat ikut membantu orang utnuk membuat parcel namun, Beliau terus mengembangkan keahliannya tersebut seacra otodidak. Modal awal untuk memulai usahanya Bapak Dayat membutuhkan lem dan tenaga. Dari harga lem itu sendiri beliau mengeluarkan kurang lebih Rp 2.000.000 rupiah. Untuk tenaga kerjanya sendiri beliau harus mengeluarkan upah sebesar Rp 4.800.000 rupiah untuk tiga orang selama satu bulan.

 Bapak Dayat bersama tim dapat mengahasikan 30 buah parcel per harinya. Jam kerja dibagi menjadi 2 sesi, untuk pagi dimulai dari jam 08.00 – 17.00 sedangkan untuk shif malam dimulai dari jam 20.00 – selesai. Pemasaran produk parcel Bapak Dayat sudah merambah ke 3 PT. Brooklyn dan Harves merupakan contoh dari merk yang sudah bekerjasama dengan parcel Bapak Dayat. Harga jual tiap parcel kurang lebih Rp 100.000 rupiah tergantung tingkat kerumitan, bahan utama, dan ukurannya.  Rata-rata ukuran parcel sekitar 30 cm x 30 cm. Produk ini membludak ketika hari besar seperti Lebaran, Imlek, Natal dan lain-lain. Produk ini dikemas di pusat atau PT yang telah bekerja sama dengan parcel. Pengiriman parcel tersebut sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Komentar atas Batik Dayat Mangiran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License