Seminar Kesehatan Mental Dari Dusun Puron

18 Februari 2020 09:29:00 WIB

Minggu (15/2) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar seminar kesehatan mental dirumah Kepala Dusun Puron. Irwan Rosadi S.Psi mengatakan kesehatan mental sama halnya dengan kesehatan fisik, ia menjadi sangat vital untuk mewujudkan kesejahteraan. Fakta menunjukan bila terdapat kecenderungan meningkatnya masalah kesehatan mental di tengah masyarakat.

Gangguan Jiwa di Masyarakat. Disampaikan bahwa ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) sering mendapatkan Stigma di masyarakat, diantaranya tidak berguna, idiot, tidak dapat dikendalikan, dirasuki setan, tidak dapat diobati, tidak mampu bekerja, selalu membutuhkan rawat inap RS dan lain sebagainya. Adanya Stigma-stigma tersebut akan berdampak keengganan ODGJ dan keluarganya untuk mencari bantuan, isolasi (mengucilkan diri) dan enggan mencari informasi yang benar, harga diri dan kepercayaan diri berkurang, dengan sengaja “menghilangkan” identitas ODGJ dalam dokumen keluarga (kartu keluarga) dan tidak layak mendapatkan KTP. Stigma di masyarakat tersebut harus dilawan dan dikelola dengan cara memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang gangguan jiwa (angka kejadian, penyebab, gejala, pengobatan, mitos dan fakta tentang gangguan jiwa), memberikan pelatihan tentang peningkatan kesadaran tentang kesehatan jiwa.

Acara tersebut dilanjutkan penyerahan bantuan berupa proyektor, layar, speaker dan alat kesehatan dari KKN Kelompok 105 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan disaksikan 30 peserta seminar.

Komentar atas Seminar Kesehatan Mental Dari Dusun Puron

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License