PRODUKSI SANTAN KELAPA & REMPAH REMPAH

20 Januari 2020 10:06:13 WIB

Kelapa adalah buah yang yang dapat dimanfaatkan semua bagiannya. Mulai dari bathok hingga airnya. Di Dusun Puron, Trimurti, Srandakan Bantul salah seorang warga juga memanfaatkan kelapa ini sebagai sumber pemasukan. Bapak Sugiyo telah menjalankan usaha produksi santan ini sejak tahun 2014. Seperti yang dikatakan Ibu Sugiyo, bahwa pada tahun 2007 beliau merantau ke Kota Batam dan terinspirasi ketika orang-orang disana membuka usaha penggilingan kelapa untuk dijadikan santan. Sehingga ketika beliau pulang ke Dusun Puron, beliau membuka usaha produksi santan ini. Dalam proses produksi setiap harinya, Bapak dan Ibu Sugiyo tidak memiliki patokan harus memproduksi berapa liter santan. Mereka hanya memproduksi sesuai pesanan yang datang. Biasanya untuk bathok kelapa dan airnya diambil oleh orang untuk selanjutnya dimanfaatkan sebagai brikat dan natadecoco.

            Selain memproduksi santan, Bapak Sugiyo juga memproduksi penggilingan bumbu rempah. Namun, penggilingan bumbu ini hanya diproduksi satu minggu sekali. Nantinya santan dan bumbu ini akan di pasarkan bersamaan ke rumah makan di sekitar Bantul dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komentar atas PRODUKSI SANTAN KELAPA & REMPAH REMPAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License