Lezatnya Mie Lethek Cap Garuda

07 Januari 2019 11:19:35 WIB

Kuliner khas Bantul yang terkenal bukan hanya Sate Klathak. Melainkan ada satu kuliner lagi yang tidak kalah populernya, yaitu Mie Lethek. Mie lethek merupakan makanan yang berasal dari Sradakan, Bantul. Dinamakan Mie Lethek karena bentuk mienya yang semrawut dan warnanya yang tidak menarik sehingga membuatnya terkesan kotor atau dalam Bahasa jawanya disebut “Lethek”.

 

Mie Lethek disajikan dalam dua varian rasa, yaitu goreng dan rebus. Mie lethek berbeda dari mie biasanya. Ada tiga hal yang membuatnya berbeda, yaitu:

 

  1. Bahan dasar

Jika pada umumnya bahan dasar yang digunakan dalam membuat mie adalah tepung terigu, Mie Lethek menggunakan gaplek dan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya. Kemudian Mie Lethek tidak ditambah dengan bahan pengawet.

 

  1. Warna 

Dikarenakan Mie Lethek terbuat dari gaplek dan tepung tapioka, warna yang dihasilkan pun menjadi agak kusam sama seperti warna gaplek, kuning gading. Tidak seperti mie pada umumnya yang berwarna bersih. Warna tersebut tidak berubah meski sudah dimasak dan siap disajikan.

 

  1. Proses pembuatan 

Mie Lethek dibuat secara tradisional. Semua bahan diolah dengan mengandalkan tenaga manusia, Tenaga tambahan utamanya hanya ada dua, yakni sapi dan mesin pres. Bahan diolah dengan alat penggiling tradisional berbentuk silinder besar yang ditarik oleh sapi. Setelah itu bahan baku mi dikukus di tungku. Bahan kembali diaduk untuk mengatur kadar airnya, kemudian dikukus lagi. 

 

Proses selanjutnya adalah pencetakan mie dan penjemuran hingga kering. Untuk mencetak mie digunakan mesin pres yang dioperasikan oleh tiga orang. Penjemuran mie hanya mengandalkan sinar matahari, lamanya sekira 18 jam. maka dari itu, produksi Mie Lethek bisa menurun saat musim hujan.

 

Produksi Mie Lethek sudah ada sejak tahun 1940-an dalam skala industri rumah tangga. Saat ini pabrik sentra pembuatan mie lethek berada di Dusun Bendo, Desa Trimuri, Srandakan, Bantul. Saat kamu berkunjung ke jogja, 

 

Sensasi memakan Mie Lethek. Meski tampilan Mie lethek kurang menarik, namun kualitas rasanya tidak kalah enak dari mie biasa. Campuran telur, ayam, dan sayuran pada Mie Lethek membuat rasa Mie Lethek semakin menggoda. (sandi)

Komentar atas Lezatnya Mie Lethek Cap Garuda

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License