Dua Sisi Smartphone

Sandi 18 Maret 2025 09:39:43 WIB

Dalam kegiatan keagamaan dengan mengisi pengajian menjelang berbuka puasa di Masjid At-Taqwa. Dalam kesempatan ini, mereka membawakan materi bertema “Dua Sisi Smartphone: Manfaat dan Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari”. Pengajian ini dihadiri oleh jamaah masjid, termasuk tokoh agama, masyarakat setempat, serta para remaja yang sangat antusias mengikuti diskusi.
Dalam ceramah yang disampaikan, mahasiswa KKN-T menjelaskan bahwa smartphone memiliki dua sisi yang dapat memberikan manfaat sekaligus tantangan bagi penggunanya. Di satu sisi, smartphone memudahkan komunikasi, akses informasi, dan mendukung pembelajaran. Namun, di sisi lain, penggunaan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kecanduan, penyebaran berita hoaks, hingga menurunnya interaksi sosial. “Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk menggunakan segala sesuatu dengan bijak, termasuk dalam memanfaatkan teknologi agar membawa keberkahan, bukan mudarat,” ujar pemateri.
Pengajian ini mendapat sambutan hangat dari jamaah Masjid At-Taqwa. Para orang tua mengapresiasi materi yang relevan dengan kondisi saat ini, terutama dalam mendidik anak-anak agar lebih bijak menggunakan teknologi. Setelah pengajian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, sebelum akhirnya ditutup dengan doa bersama dan berbuka puasa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas kepada masyarakat tentang pentingnya literasi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar atas Dua Sisi Smartphone

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License