Bupati Bantul Kunjungi Paguyuban Gejog Lesung Manunggal Laras Dusun Sawahan

Muhammad Iqbal Rasyid 19 September 2024 12:38:59 WIB

Trimurti - Bupati Bantul, Bapak Abdul Halim Muslih, melakukan kunjungan ke Paguyuban Gejog Lesung Manunggal Laras yang berlokasi di Dusun Sawahan, Kalurahan Trimurti, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul, pada hari Selasa, 17 September 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Bantul dalam melestarikan seni dan budaya tradisional yang telah menjadi warisan leluhur.

Paguyuban Gejog Lesung Manunggal Laras merupakan kelompok seni yang mempertahankan salah satu kesenian tradisional Jawa berupa gejog lesung, yaitu musik tradisional yang dimainkan dengan menggunakan lesung sebagai alat utama. Lesung, yang pada masa lalu digunakan sebagai alat penumbuk padi, kini difungsikan sebagai alat musik yang menghasilkan bunyi-bunyian ritmis yang unik.

Dalam kunjungannya, Bupati Abdul Halim Muslih menyampaikan apresiasinya terhadap paguyuban tersebut yang tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal. “Kesenian seperti gejog lesung ini merupakan kekayaan budaya yang tidak ternilai. Saya sangat bangga melihat semangat warga Dusun Sawahan dalam melestarikan budaya ini dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Bantul," ujarnya.

Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam rangka memperkuat kesadaran masyarakat Bantul akan pentingnya menjaga dan mengembangkan kebudayaan lokal sebagai bagian dari identitas daerah yang harus dilestarikan.

Komentar atas Bupati Bantul Kunjungi Paguyuban Gejog Lesung Manunggal Laras Dusun Sawahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License