Penyuluhan Budidaya Nanas Jumbo

Sandi 05 September 2024 08:52:30 WIB

Yogyakarta, 31 Agustus 2024 – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan penyuluhan teknik budidaya dan praktik penanaman nanas jumbo tanpa duri di Kawasan Tani Wanita (KWT) Manunggal, Dusun Proketen. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu ini menghadirkan Jamaludin Nur Ridho S.Tr.P. yaitu owner dari Jamal Farming sebagai pemateri.

Dalam penyuluhan ini, mahasiswa KKN UMY kelompok 032 berbagi pengetahuan mengenai teknik budidaya nanas jumbo tanpa duri yang tepat. Mulai dari pemilihan bibit unggul, persiapan lahan, hingga perawatan tanaman. Selain itu, para peserta juga diajarkan cara mengatasi berbagai kendala yang sering muncul dalam budidaya nanas.

"Kami memilih nanas jumbo tanpa duri sebagai komoditas utama dalam penyuluhan ini karena memiliki potensi pasar yang cukup besar. Selain itu, budidaya nanas juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Proketen," ujar salah satu mahasiswa KKN UMY kelompok 032

Praktik penanaman yang dilakukan setelah penyuluhan berlangsung dengan antusias. Para anggota KWT Manunggal tampak serius mengikuti arahan mahasiswa KKN UMY kelompok 032. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, anggota KWT Manunggal dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dan meningkatkan hasil produksi nanas mereka.

Jamaludin Nur Ridho S.Tr.P., selaku pemateri, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMY kelompok 032 ."Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama para petani. Dengan adanya transfer ilmu pengetahuan dari mahasiswa, diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk pertanian di Dusun Proketen," ungkapnya.

Komentar atas Penyuluhan Budidaya Nanas Jumbo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License