Skrining PTM Pada Kegiatan Jalan Sehat Mayongan

Sandi 29 Agustus 2024 12:49:36 WIB

Pada tanggal 18 Agustus 2024 diadakan Jalan Sehat di dusun Mayongan dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Bersama kader Posyandu dari dusun Mayongan yang biasa dipanggil dengan nama Ibu Rini, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM).
Kegiatan skrining PTM yang dilakukan meliputi pengecekan tekanan darah, kadar gula darah, kadar asam urat, dan pengukuran antropometri. Mahasiswa KKN bersama kader Posyandu mengadakan kegiatan skrining di samping lapangan Mayongan. Mahasiswa KKN memberikan penjelasan secara langsung kepada Masyarakat Mayongan mengenai prosedur skrining dan manfaatnya.
Prosedur skrining yang pertama adalah pemeriksaan antropometri yang terdiri dari pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut. Prosedur kedua adalah pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui adanya hipertensi pada masyarakat yang mengikuti kegiatan skrining. Pada prosedur ketiga, dilakukan pengecekan kadar gula darah dan asam urat pada masyarakat.
Selain skrining, mahasiswa KKN melakukan edukasi terkait langkah-langkah pencegahan kesehatan yang dapat diambil berdasarkan hasil pemeriksaan. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan di masyarakat dan memastikan bahwa masyarakat mendapatkan akses mudah ke layanan kesehatan yang diperlukan.

Komentar atas Skrining PTM Pada Kegiatan Jalan Sehat Mayongan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License