Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui UMY Mengajar

Sandi 21 Agustus 2024 09:28:18 WIB

Yogyakarta, 20 Agustus 2024– KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun kesadaran lingkungan melalui program kerja "UMY Mengajar". Pada 20 Agustus, kelompok KKN 073 UMY mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Mangiran Sapuangin untuk memberikan pengalaman belajar yang inovatif dan bermakna bagi siswa kelas 3 dan 4. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10:00 hingga 13:30 ini menggabungkan metode Focus Group Discussion (FGD) dan pembelajaran tentang pengelolaan sampah 5R, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia (kelas 4) dan IPA (kelas 3), serta menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan.

Pada kegiatan di SD Mangiran Sapuangin, tim anggota KKN 073 UMY menerapkan FGD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA. FGD dipilih karena kemampuannya dalam merangsang interaksi aktif, komunikasi, dan berpikir kritis di antara siswa.

"Kami ingin siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga aktif berdiskusi, bertukar pikiran, dan menemukan pemahaman mereka sendiri,dalam program FGD membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, dan berkolaborasi."

Pada sesi FGD Bahasa Indonesia kelas 4, tema yang diajarkan yaitu tentang fobia siswa diajak untuk mengamati vidio yang berdedikasi tentang makna fobia itu sendiri, tentang makna dan pesan moral, Sementara itu, FGD IPA kelas 3 berfokus pada tema panca indra, Siswa diajarkan materi tentang apa saja bagian-bagian panca indra.

Setelah sesi FGD, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pengelolaan sampah 5R yang dimulai pada pukul 12:30. Metode 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Refill) merupakan pendekatan yang fokus pada pengurangan dan pengelolaan sampah secara bertanggung jawab.

"Melalui pembelajaran 5R, kami ingin menanamkan kesadaran lingkungan kepada siswa sejak dini,"Kami berharap mereka dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan prinsip 5R dalam kehidupan sehari-hari."

"Kegiatan "UMY Mengajar" ini sangat bermanfaat bagi siswa kami, "Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga belajar untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan mengembangkan kesadaran lingkungan."

Komentar atas Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui UMY Mengajar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License