Gunungan Hasil Bumi dan UMKM Desa Trimurti Pada Acara Grebeg Bakda Mangiran

Muhammad Iqbal Rasyid 16 April 2024 13:04:56 WIB

Dalam perayaan Bakda Mangiran yang digelar di Lapangan Mangiran, Desa Trimurti menghadirkan inovasi menarik dengan mempersembahkan Gunungan Hasil Bumi dan Gunungan hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Desa Trimurti. Kehadiran Gunungan Hasil Bumi dan Gunungan UMKM tersebut menjadi sorotan utama dalam rangkaian acara yang memukau ribuan pengunjung.

Gunungan Hasil Bumi, yang dihiasi dengan aneka buah-buahan segar, sayuran, dan hasil pertanian lainnya, menjadi representasi dari kekayaan alam yang dimiliki Desa Trimurti. Sementara itu, gunungan produk UMKM setempat menjadi representasi bahwa Desa Trimurti merupakan Desa Preneur yang memiliki kemampuan untuk menumbuhkan unit-unit usaha skala desa. Pengunjung terpesona melihat kemegahan gunungan yang dipenuhi dengan berbagai macam produk lokal yang berkualitas tinggi.

Selain gunungan hasil bumi dan produk UMKM, terdapat pula jodang. Jodang disini adalah suatu wadah dari kayu menyerupai peti yang berisikan beberapa sesaji. jodang dianggap sebagai wujud dari perlindungan dan kekuatan spiritual. Jodang ini akan diarak bersama dengan gunungan ke makam Ki Mangirono.

Menurut salah satu panitia acara, kehadiran Gunungan Hasil Bumi dan Gunungan UMKM Desa Trimurti bukan hanya untuk memeriahkan acara, tetapi juga sebagai upaya untuk mempromosikan potensi ekonomi lokal serta mendukung perkembangan UMKM di wilayah tersebut. Dengan memamerkan produk-produk unggulan dan kreatifitas masyarakat setempat, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata dan perekonomian daerah.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License