Bregada Pedak Memeriahkan Acara Bakda Mangiran

Muhammad Iqbal Rasyid 16 April 2024 12:44:31 WIB

Dalam rangka memeriahkan tradisi lokal yang kaya akan budaya, acara Bakda Mangiran diadakan dengan penuh semarak di kawasan lapangan Mangiran. Acara yang digelar pada siang hingga sore hari menjadi sorotan utama bagi warga sekitar maupun para pengunjung yang datang dari berbagai penjuru.

Bakda Mangiran, sebuah perayaan yang menggabungkan unsur seni, budaya, dan keagamaan, dihadiri oleh bregada pedak yang tampil gagah dengan busana tradisional Jawa. Mereka memperlihatkan atraksi barisan prajurit perang dengan dipersenjatai tombak, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton yang memadati area acara.

Menurut salah satu panitia acara, tujuan dari Bakda Mangiran tidak hanya untuk memeriahkan suasana lebaran, tetapi juga sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya dan mengenalkannya kepada generasi muda. Dengan menghadirkan bregada pedak dan berbagai seni tradisional lainnya, diharapkan nilai-nilai kearifan lokal tetap terjaga dan diteruskan ke masa depan.

Bakda Mangiran tidak hanya menjadi acara hiburan semata, tetapi juga sebuah perayaan kebersamaan dan kebanggaan akan warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai luhur. Acara ini mengingatkan kita akan pentingnya melestarikan dan menghargai warisan nenek moyang, sebagai bagian integral dari identitas dan jati diri kita sebagai bangsa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License