Pelatihan Eco-Print Kain oleh Mahasiswa KKN UAD 119 XII B.2,B.1,dan B.3 untuk Kelompok Wanita Tani

Rizky Windu Antara 22 Februari 2024 21:03:13 WIB

Trimurti - Sebanyak 30 orang anggota kelompok wanita tani (KWT) dari seluruh trimurti mengikuti pelatihan pembuatan kain eco-print yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UAD di Pendopo Puluhan Kidul, Rabu (21/2/2024). Pelatihan ini bertujuan untuk menginspirasi peserta untuk bisa berkreasi dengan bahan alami.

Eco-print adalah teknik mencetak motif pada kain dengan menggunakan daun-daun atau bunga-bunga yang memiliki zat warna alami. Dalam pelatihan ini, peserta menggunakan daun lanang, daun jati, daun teh-tehan, daun pepaya, dan bunga telang sebagai bahan cetak. Proses pembuatan eco-print meliputi pengolahan kain, penempelan daun, penggulungan kain, perebusan, dan pembukaan kain.

Seluruh peserta terlihat antusias memperhatikan cara pembuatan eco-print dari awal sampai jadi. Mereka juga berkesempatan untuk mencoba membuat eco-print sendiri dengan bimbingan dari Narasumber. Hasilnya, setiap peserta berhasil membuat kain eco-print dengan motif dan warna yang berbeda-beda.

Salah satu peserta, Ibu Samiyati, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan anggota KWT lainnya. “Saya senang sekali bisa belajar eco-print. Ini adalah keterampilan baru yang bisa saya manfaatkan untuk menambah penghasilan keluarga. Saya juga bisa menghemat biaya karena bahan-bahannya mudah didapat di sekitar rumah,” ujar Ibu Samiyati.

Sementara itu, koordinator KKN UAD, Saudara Muhammad Arifin Hakim, mengatakan bahwa pelatihan ini adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UAD. “Kami ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kalurahan Trimurti, khususnya kelompok wanita tani. Kami berharap pelatihan ini bisa meningkatkan kreativitas dan kesejahteraan mereka,” tutur Bapak Arifin.

Pelatihan ini berlangsung selama empat jam, dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Setelah pelatihan, peserta diberikan kain eco-print yang mereka buat sebagai souvenir. Pelatihan ini mendapat apresiasi yang baik dari peserta dan pihak kalurahan.

Komentar atas Pelatihan Eco-Print Kain oleh Mahasiswa KKN UAD 119 XII B.2,B.1,dan B.3 untuk Kelompok Wanita Tani

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License