KUNJUNGAN UMKM BAKPIA JOGLO DI PADUKUHAN GUNUNGSAREN LOR, TRIMURTI, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Printa Kusumastuti 01 Februari 2024 12:39:15 WIB

Rabu, 31 Januari 2024 KKN UAD kelompok XI D 2, mengunjungi salahsatu UMKM yang berada di Gunungsaren Lor, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. UMKM yang dikunjung adalah Bakpia Joglo. Dari wawancara yang dilakukan dengan pemilik usaha, produk yang dijual tidak hanya bakpia saja namun juga terdapat produk lain seperti wingko babat dan brem. Produksi bakpia dilakukan setiap hari Jum’at karena saat ini sedang sepi peminat. Bakpia yang diproduksi kemudian dikirimkan ke tempat pusat oleh – oleh yang berada di Jalan Solo – Jogja. Bakpia yang dijual merupakan bakpia basah dengan rasa kacang hiaju dan memiliki masa simpan selama enam hari. Tekstur bakpia basah berbeda dengan bakpia kering yang memiliki teksstur lebih keras. Produk wingko babat memiliki perbedaan dari wingko babat lainnya yaitu bentuk wingko babat yang diproduksi berbentu bulat tidak seperti wingko babat pada umumnya yang berbentuk kotak.

Saat wawancara pemiliki usaha juga menyampaikan terkait website penjualan onlain. Sebelumnya sudah pernah ada kunjungan dari mahasiswa, kemudian dibuatkan website penjualan melalui online shope yaitu Shopee, namun penjualan tersebut tidak berjalan. Penjualan melalui Shopee dilakukan pembayaran ditempat dan hanya berlokasi disekitar Jogja. Selain melalui Shopee, pemasaran produk juga dilakukan melalui media sosial yaitu Instagram. Beberapa konsumen datang untuk membeli bakpia langsung ditempat produksi yang diketahui melalui iklan media sosial dan google. Pemilik usaha juga menceritakan pengalaman terkait penjualan yang dilakukan sampai ke luar negeri. Produk pernah dikirim ke Malaysia langsung melalui jalur udara, setelah sampai produk masih dalam keadaan baik dan masih layak konsumsi. Produk juga pernah dikirim ke Singapure melaui ekpedisi, namun saat produk sampai, produk sudah tidal layak konsumsi dan sudah rusak.

Komentar atas KUNJUNGAN UMKM BAKPIA JOGLO DI PADUKUHAN GUNUNGSAREN LOR, TRIMURTI, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License