Pantauan PSN di Padukuhan Mangiran dan Pedak

Printa Kusumastuti 15 Januari 2024 09:27:27 WIB

Lingkungan atau Padukuhan menjadi tempat potensial dalam penyebaran dan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Peran lintas sektor sebagai bagian kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD. Mengendalikan penyebab penyakit DBD dan resikonya dengan memutus mata rantai

Sebagai upaya pecegahan untuk memutus mata rantai penularan demam berdarah terlah dilakukan, tetapi demam berdarah dengue (DBD) sampai saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan. Kapanewon Srandakan mengistruksikan kepada lintas sektor sesuai yang tertera pada surat Nomor B/400.7.9/00009 tentang Pemantauan Sarang Nyamuk (PSN) Jumat 12 Januari 2024. Adapun 2 wilayah di Kalurahan Trimurti yakni Padukuhan Mangiran dan Pedak menjadi tempat Pantauan PSN dari Kapanewon Srandakan.

Hadir dalam Pantauan PSN Lintas sektor Panewu Srandakan Sarjiman S.I.P, ME. Lurah Trimurti Agus Purwaka ST, Kamituwa Trimurti Novika Putri Agustin S.Pd, Ka. Jawatan Keamanan, Puskesmas Srandakan, Koramil, PKH, Koordinator PLKB, PPL, Pendamping Desa, Polsek, KUA, hingga TKPK dan Kader Jumantik.

Kader jumantik ditemani petugas pemantau PSN lintas sektor bertugas dalam memantau jentik nyamuk yang berada di sekitar tempat tinggal warga. Tempat-tempat yang biasa dijadikan sarang nyamuk adalah bak mandi akibat jarang dikuras dan juga air yang ada pada kaleng bekas minuman atau ember kosong yang terisi air di luar rumah. Pemeriksaan jentik dilakukan secara menyeluruh baik di dalam maupun di luar rumah. Setelah dilakukan pemeriksaan bak kamar mandi hingga benda-benda di lingkungan rumah yang memungkinkan tergenang air pada musim hujan, tim PSN mendapatkan Angka Bebas Jentik (ABJ) sebesar 81,25% Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, muncul kesadaran diri dari masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara rajin membersihkan tempat-tempat yang bias menjadi potensi berkembangnya nyamuk, serta memantau jentik di kala musim hujan.

Panewu Srandakan Sarjiman S.I.P, ME menyampaikan sikap dan perilaku dalam upaya pencegahan demam berdarah dengan penerapan PSN 3M-plus (Menguras, Menutup, Mengubur ) plus tidak menggantung pakaian, memelihara ikan ditampungan air, membubuhkan larvasida, Memakai lotion anti nyamuk.

Komentar atas Pantauan PSN di Padukuhan Mangiran dan Pedak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License