KUNJUNGAN MAHASISWA KKN STP AMPTA YOGYAKARTA KE UMKM DESA WISATA LOPATI

Printa Kusumastuti 16 Oktober 2023 10:51:48 WIB

Pada hari Senin dan Jum’at (08/10/2023 & 13/10/2023), Mahasiswa KKN melakukan kegiatan observasi UMKM yang berada di Desa Wisata Lopati. Dalam Kegiatan ini, Mahasiswa mengunjungi UMKM Bakpia, Pabrik Tempe, Rumah Konveksi dan Rumah Kerajinan Bambu  . Observasi ini diperuntukan untuk mengetahui bagaimana pembuatan, pengolahan, sumber daya manusia, dan juga beberapa keuntungan dan kekurangan pada UMKM yang Mahasiswa Kunjungi pada saat itu. Di umkm Bakpia, yaitu Bakpia Barokah, Mahasiswa mengamati bagaimana proses pembuatan yang dimana hanya dilakukan 3 kali dalam seminggu ( kecuali terdapat pesanan maka bisa setiap hari produksi ) karena produk yang diproduksi tidak memakai pengawet. Pabrik ini dikelola oleh Ibu Sumijem selama 12 tahun.

Adapun Pabrik Tempe yang Mahasiswa Kunjungi ada dua yaitu Tempe Koro dan Tempe Kedelai. Tempe Koro yang diproduksi oleh Ibu Purwo Sugianto ini telah berdiri selama 25 tahun. Tempe yang diproduksi dapat bertahan hingga 3 hari saja. Tempe yang dijual pun seharga 700/ tempe. Berbeda dengan Tempe Kedelai yang diproduksi oleh Bapak Kardi menjual tempe seharga 500/ tempe.Pada rumah Konveksi yang telah berdiri sejak 2017 ini mampu memproduksi hingga 500 kaos sablon setiap harinya dan di distribusikan didalam Jogja maupun luar Jogja seperti Jawa Timur dan Kalimatan. Konveksi ini dikelola oleh Mas Andang selaku pemilik dan memiliki jam kerja mulai pukul 08:00 WIB sampai 16:00 WIB.

UMKM selanjutnya yang dikunjungi yaitu Rumah Kerajinan Bambu yang dikelola oleh Ibu Sukarni yang telah berdiri selama 50 Tahun. Kerajinan yang dibuat adalah Kerondo yaitu alat pengangkut barang yang sering digunakan diatas motor dan biasanya digunakan untuk mengangkut rumput, perabotan, dan warung kelontong keliliing. Kerajinan ini dijual dari harga Rp 40.000 sampai Rp 60.000 dan dijual disekitaran Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Komentar atas KUNJUNGAN MAHASISWA KKN STP AMPTA YOGYAKARTA KE UMKM DESA WISATA LOPATI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License