Pengolahan Sampah Organik Menjadi Komposter

Printa Kusumastuti 29 September 2023 10:47:48 WIB

Dalam upaya untuk mengurangi limbah dan membantu lingkungan, pembuat komposter sangat sesuai untuk dijadikan solusi dalam upaya pengolahan limbah organik. Definisi dari komposter adalah alat/tempat yang digunakan untuk mengolah sampah organik dengan cara mempercepat penguraian sampah organik tersebut agar dapat segera dimanfaatkan. Manfaat dari komposter sendiri adalah digunakan sebagai pupuk alami yang dapat menyuburkan tanaman. Contoh dari sampah organik tersebut dapat berupa sisa makanan, daun kering, dan potongan-potongan tanaman. Terdapat berbagai jenis komposter, seperti komposter takakura, drum, gerabah, worm bin, biopori, dsb. Jenis jenis komposter ini dibedakan dari tempat pembuatannya, jenis pengurainya, dan jenis sampah organik yang akan diuraikan.

Dalam pembuatan komposter ini juga diadakan sosialisasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa sampah organik, khususnya limbah rumah tangga dapat dengan mudah diolah menjadi pupuk komposter yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman. Sosialisasi pembuatan komposter ini diadakan pada tanggal 16 September, di pendopo Padukuhan XIX Sapuangin dengan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup.

Diharap dari sosialisasi pembuatan komposter tersebut dapat memberikan solusi kepada para warga dalam mengolah sampah organik dengan cara mempraktekan pembuatan komposter sendiri di rumah masing masing sesuai dengan kebutuhan dan jenis sampah organik yang ada.

Komentar atas Pengolahan Sampah Organik Menjadi Komposter

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License