Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) di Pertemuan PKK Padukuhan Sapuangin

Printa Kusumastuti 29 September 2023 10:46:06 WIB

Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan kegiatan program kerja yang dilakukan oleh KKN UNY Padukuhan XIX Sapuangin. Sosialisasi ini lakukan pada hari Sabtu, 23 September 2023 & bertempat di Rumah Bapak Dukuh Irvan Irsatiawan. Sosialisasi dihadiri audiensi kurang lebih 20 orang Ibu-ibu PKK Padukuhan XIX Sapuangin. Sosialisasi Kartu Identitas Anak bertujuan mengenalkan apa itu KIA terhadap orang tua dari anak serta manfaat yang didapat ketika anak memiliki KIA. Di mana sejak usia dini, anak juga harus memiliki kartu identitas untuk memenuhi haknya sebagai warga negara Indonesia sekaligus menjelaskankan bagaimana langkah-langkah pembuatan KIA melalui Dukcapil Smart (sebuah aplikasi yang dimiliki Disdukcapil Kabupaten Bantul)

Sosialisasi berjalan cukup lancar di mana audiensi sangat antusias terhadap sosialisasi KIA dimana audiensi sangat tertarik dalam pengoperasian Dukcapil Smart. Tidak hanya KIA, namun audiensi Ibu-ibu PKK tertarik juga dengan beberapa hal yang ada di dukcapil Smart antara lain, E-KTP, KK, Akta Kelahiran dsb. Tentunya, dengan adanya dukcapil Smart sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses data diri, tidak perlu datang ke kantor Dukcapil. Namun, hanya dengan menggunakan Aplikasi Dukcapil Smart sudah bisa mengakses data diri penduduk di Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu, birokrasi pemerintahan harusnya berlomba-lomba dalam menunjang inovasi pelayanan publik seperti yang sudah dijalankan oleh dukcapil Kabupaten Bantul. Dengan ditunjang kemajuan teknologi, seharusnya Inovasi pelayanan publik di setiap sektor pemerintahan juga harus ditingkatkan guna memudahkan masyarakat.

Komentar atas Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) di Pertemuan PKK Padukuhan Sapuangin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License