Membuat Wayang dari Gambar & Bambu

Printa Kusumastuti 26 September 2023 09:59:19 WIB

Dalam pandangan masyarakat, wayang adalah seni tradisi yang terikat oleh aturan atau pakem tertentu. Pakem ini berupa acuan yang telah disepakati sejak mula wayang tumbuh, dengan cerita yang tidak lepas dari epos-epos legenda, seperti Mahabharata atau Ramayana. Akan tetapi, kini tidak semua dalang atau pengrajin wayang mematuhi pakem pewayangan. Hal tersebut diakui sebagai wayang kontemporer atau wayang kekinian.

Pembuatan wayang kontemporer tersebut dilakukan oleh Adzana Aqsha, mahasiswa KKN UNY dengan mengajak anak-anak Mangiran—Sapuangin pada 14/9/2023 di lantai dua Masjid An-Nur, Mangiran, Padukuhan XIX Sapuangin. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan anak-anak dalam membuat wayang. Kegiatan tersebut dimulai dengan memotong gambar hewan yang mereka sukai, kemudian gambar tersebut ditempelkan pada kedua sisi karton yang sudah disiapkan. Lalu, sebuah sumpit disigar setengah bilah untuk dipasangkan sebagai penyanggah hingga wayang pun siap pakai untuk mendongeng.

Kegiatan berjalan seiring antusias mereka. Setelah itu, wayang kontemporer yang sudah jadi disimpan di rak lantai dua Masjid An-Nur, Mangiran dan diakhiri dengan foto bersama.

Komentar atas Membuat Wayang dari Gambar & Bambu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License