Perekaman Memori, Upaya Untuk Melestarikan Warisan Padukuhan Proketen

Printa Kusumastuti 22 September 2023 11:24:27 WIB

Di era modern yang serba cepat, dengan kemajuan teknologi dan perubahan sosial yang terus berkembang, menjaga hubungan dengan akar budaya dan melestarikan kisah-kisah masa lalu yang tak ternilai menjadi semakin penting. Dengan semakin jauhnya jarak kehidupan generasi muda sekarang dengan milenia sebelumnya, pelestarian warisan budaya merupakan hal yang sangat penting.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan perekaman suara, pengambilan video, atupun melakukan wawancara, untuk menangkap pengalaman masa lalu warga. Anggota Kelompok KKN R8323 dari Universitas Negeri Yogyakarta yang berada di Padukuhan Proketen kali ini melakukan kegiatan perekaman memori dari para warga desa. Diharapkan kegiatan memberikan gambaran tentang permadani budaya masyarakat.

Kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai jembatan ke masa lalu tetapi juga berfungsi sebagai gudang kearifan yang mendalam bagi generasi mendatang. Kisah-kisah yang dibagikan para warga dusun mengungkapkan kehidupan, memori, adat istiadat, dan ritual tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Penduduk desa sebenarnya merupakan para ahli sejarah lokal, kenangan mereka menyimpan pengetahuan mengenai perubahan dan perkembangan komunitas masyarakat desa. Kegiatan KKN yang didorong oleh semangat untuk memahami dan melestarikan warisan budaya ini, memulai perjalanan mendengarkan dan mendokumentasikan kisah-kisah yang terpatri di hati dan pikiran para masyarakat desa.

Komentar atas Perekaman Memori, Upaya Untuk Melestarikan Warisan Padukuhan Proketen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License