PENGENALAN SAINS USIA DINI: PEMBUATAN PELANGI DALAM GELAS, SPS “TUNAS BANGSA” PADUKUHAN PROKETEN

Printa Kusumastuti 07 September 2023 12:20:26 WIB

Dalam rangka mengenalkan ilmu sains pada anak usia dini, KKN R8323 UNY Padukuhan Proketen melaksanakan pembelajaran dengan membuat pelangi dalam gelas. Kegiatan dilaksanakan di SPS “Tunas Bangsa” Padukuhan Proketen. Selain mengenalkan sains, kegiatan ini juga sebagai alternatif pengenalan warna kepada anak.

Di era saat ini, pembelajaran sains pada anak usia dini sangat penting untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada anak tentang alam dan segala isinya yang memberikan makna terhadap kehidupan di masa yang akan datang. Pada kegiatan pembuatan pelangi dalam gelas, anak-anak dapat belajar ilmu sains dasar khususnya pada ilmu kimia. Dengan kegiatan ini, anak diajarkan alasan beberapa bahan cair yang ada di sekitar kita ketika dicampurkan tidak dapat tercampur satu bahan dengan bahan lainnya. Contohnya air dengan minyak.

Selain itu pada pembuatan pelangi, anak juga belajar terkait warna-warna yang diaplikasikan. Dari pengenalan warna, anak mampu menunjukkan benda yang memiliki warna sama dengan warna yang diaplikasikan dalam pembuatan pelangi. Metode ini dilakukan agar anak tidak bosan dalam proses belajar di dalam ruangan dan di atas meja. Selain itu juga memberi pengertian bahwa belajar sains itu menyenangkan.

Komentar atas PENGENALAN SAINS USIA DINI: PEMBUATAN PELANGI DALAM GELAS, SPS “TUNAS BANGSA” PADUKUHAN PROKETEN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License