Pelatihan Eco-Print pada Tas Jinjing (Totebag) terhadap Ibu-ibu PKK Padukuhan XIX Sapuangin

Printa Kusumastuti 07 September 2023 08:33:06 WIB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan pengetahuan melalui kegiatan positif kepada masyarakat. Salah satunya kegiatan pembuatan eco-print yang dilakukan pada Sabtu, 2 September 2023 di rumah Dukuh Sapuangin. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada ibu-ibu PKK Padukuhan Sapuangin.

Sesi pertama pada kegiatan ini dimulai dengan pemaparan materi mengenai definisi keunggulan, dan teknik pembuatan eco-print. Eco-print merupakan pencetakan atau pewarnaan pigmen dari bahan-bahan alami seperti bunga, daun, dan ranting. Sesi kedua dilanjutkan dengan kegiatan eco-print yang dilakukan dengan teknik pounding (memukul) bahan alam pada media eco-print agar tercetak motif dan warna. Media eco-print yang digunakan pada pelatihan ini adalah tas jinjing (totebag).

Selain sebagai bentuk realisasi program kerja, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya pelestarian alam, pemanfaatan bahan alam secara bijak, dan meningkatkan kreativitas serta berpotensi menjadi peluang usaha yang baru.

Komentar atas Pelatihan Eco-Print pada Tas Jinjing (Totebag) terhadap Ibu-ibu PKK Padukuhan XIX Sapuangin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License