Sosialisasi Potensi Usaha Kelompok Wanita Tani Semi Berseri Padukuhan Klurahan

Printa Kusumastuti 23 Agustus 2023 08:32:45 WIB

Padukuhan Klurahan merupakan salah satu wilayah yang ada di Kecamatan Trimurti dimana di wilayah ini banyak sekali tanaman yang bisa diolah menjadi produk unggulan tentunya hal ini perlu partisipasi dari warga khususnya Kelompok Wanita Tani. Kegiatan Kelompok Wanita Tani pada dasarnya tidak hanya bercocok tanam tetapi juga memikirkan bagaimana pemanfaatan hasil tani tersebut. Sosialisasi potensi usaha KWT bertujuan untuk mengembalikan semangat ibu-ibu dalam berkegiatan di Kelompok Wanita Tani, memberikan motivasi untuk menjadi entrepreneur, serta menggali tanaman di Padukuhan Klurahan yang dapat diolah menjadi produk unggulan Klurahan dan memiliki nilai jual yang tinggi dimana nantinya hal ini mampu menunjang perekonomian Padukuhan Klurahan.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNY ini dilaksanakan pada Selasa, 15 Agustus 2023 pukul 13.00 WIB - 16.00 WIB di Pendopo Sasono Kridho yang dihadiri oleh sekitar 20 ibu-ibu warga Padukuhan Klurahan. Sosialisasi diisi oleh 2 narasumber yaitu Ibu Candra Ekawati selaku PPL BPP Srandakan dan Bapak Dendi Sulistyo Wibowo, SSTP selaku Kepala Bidang Usaha Mikro dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul.
Narasumber pertama yaitu Bapak Dendi Sulistyo Wibowo memberikan pemaparan materi terkait motivasi berwirausaha, cara pelabelan, pengemasan, dan pemasaran produk. Dimana diharapkan dengan adanya materi tersebut mampu memberikan gambaran bagi para warga terkait bagaimana pemasaran secara online dan offline, mematenkan suatu merek atau desain, dan lain sebagainya.

Materi yang kedua disampaikan oleh ibu Candra Ekawati dalam hal ini dibuka sesi diskusi dan sharing bersama warga terkait tanaman atau potensi di Klurahan yang mampu diangkat menjadi produk unggulan melihat Kelompok Wanita Tani didaerah lain sudah mulai untuk membuat produk unggulannya masing-masing. Selain itu Bu Candra juga memberikan pemahaman bagi ibu-ibu Kelompok Wanita Tani Semi Berseri bahwa kegiatan KWT tidak hanya bertanam dan memanfaatkan pekarangan.
Di akhir sesi sosialisasi, ibu-ibu diimbau untuk mengisi kuesioner dimana dari hasil kuesioner tersebut dapat diketahui berbagai kritik dan saran warga terkait langkah selanjutnya yang perlu diambil guna mengembangkan Kelompok Wanita Tani Semi Berseri Padukuhan Klurahan.

Komentar atas Sosialisasi Potensi Usaha Kelompok Wanita Tani Semi Berseri Padukuhan Klurahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License