Awal Pendampingan TPA di Masjid An-Nur Mangiran oleh KKN UNY

Printa Kusumastuti 21 Agustus 2023 10:06:04 WIB

Pendampingan TPA (Taman Pendidikan Al Quran) pada masjid An-Nur Mangiran dilakukan setiap hari Kamis dan Sabtu, tepat pada pukul 16.00, sore hari. Dilakukannya pendampingan ini dengan tujuan menambah semangat anak anak dalam belajar keagamaan.

Tepat pada hari kamis, 10 Agustus 2023 kegiatan pendampingan ini pertama kali dimulai. Pendampingan ini diawali dengan pendekatan antara mahasiswa KKN dengan anak anak TPA yang meliputi, bermain bersama dengan anak anak TPA, bersama Remaja Masjid An Nur mengajarkan bagaimana cara membaca Al Qur'an dengan baik dan benar, lalu dilanjutkan kuis, pembagian hadiah jajanan, dan solat magrib berjamaah. Kesan pertama yang diterima adalah anak anak sangat senang akan kedatangan mahasiswa KKN, meskipun awalnya malu malu, tetapi lambat laun menjadi dekat dan asik.

Untuk program yang akan diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNY R8326 di TPA An-Nur ini yaitu, hafalan doa sehari hari, menyaksikan kisah nabi, dan mewarnai kaligrafi asmaul husna. Hafalan doa ini dibuat agar anak anak senantiasa mengingat sang pencipta di setiap kegiatan yang dilakukan. Kemudian, tujuan dari menonton kisah nabi adalah untuk memberikan contoh sikap tauladan nabi dan mengambil hikmah dari kisah tersebut. Lalu adanya kegiatan mewarnai kaligrafi asmaul husna adalah untuk mengenalkan kepada anak mengenai nama lain Allah yang beragam dan memiliki arti yang mendalam.

Komentar atas Awal Pendampingan TPA di Masjid An-Nur Mangiran oleh KKN UNY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License