Malam Tirakatan Padukuhan XIX Sapuangin

Printa Kusumastuti 21 Agustus 2023 10:02:16 WIB

Sehari sebelum tanggal 17 Agustus, yakni saat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sering digelar malam tirakatan atai malam menjelang esok hari Kemenangan Republik Indonesia. Malam tirakatan biasanya warga dayang dan berkumpul untuk kemudian mendengarkan kesaksian  atau kisah dari para sesepuh warga yang dahulu pernah mencicipi perjuangan merebut kemerdekaan Negeri Kepulauan dan ini merupakan acara inti dari Tirakatan.

Tradisi Malam Tirakatan masih banyak ditemui di wilayah Kapanewon Srandakan, terutama di kalurahan trimurti, pada tanggal 16 Agustus dan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023. Tradisi malam Tirakatan ini merupakan penerapan Nilai nilai gotong royong dan Kerukunan dari warga karena dari semua yang dipersiapkan dari oleh dan untuk warga sendiri.

Pada Rabu 16/08/2023, Pukul 19.30, tokoh masyarakat dan warga padukuhan XIX Sapuangin melaksanakan kegiatan malam tirakatan yang dilaksanakan di RT 133 Padukuhan XIX, Sapuangin. Dalam acara tersebut diisi dengan Doa, Sambutan Bapak Dukuh XIX yang menyampaikan amanat semangat kemerdekaan serta beberapa hal yang menyangkut persoalan di padukuhan XIX. Selain itu, terdapat penyampaian sejarah dukuh sapuangin yang disampaikan Saudara Adzana Aqsha dari KKN UNY.

Acara malam tirakatan ditutup dengan penuh rasa syukur atas perjuangan para pahlawan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia

Komentar atas Malam Tirakatan Padukuhan XIX Sapuangin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License