Jika Merdeka Benar Adanya

Printa Kusumastuti 18 Agustus 2023 09:12:44 WIB

BANTUL - Perayaan HUT RI Ke-78 menghadirkan ragam acara yang menyongsong tema "Kemerdekaan" dengan menghidupkan daya juang para pahlawan yang telah gugur. Ragam acara yang dipersembahkan oleh

#SelasaSastra mengangkat tema "Jika Merdeka Benar Adanya", dihelat sederhana di Kedai Nyawiji Dusun Bendo (12/08/23) pada malam hari. Pelaksanaan Acara #SelasaSastra dilakukan rutin dalam sebulan sekali pada tanggal yang telah ditentukan.

#SelasaSastra menampilkan bermacam-macam karya yang memukau dari peserta yang hadir pada malam itu. Acara diawali dengan pembacaan puisi yang dilakukan oleh Ibu Endang. Selain pembacaan puisi, karya yang ditampilkan pada acara ini adalah unjuk suara dengan membawakan sebuah lagu yang mana lirik berupa karya puisi yang dinyanyikan oleh Bela Octavianasari sebagai Mahasiswa KKN UNY.

Acara ini diselenggarakan oleh Bang Tedi Way dengan tujuan untuk memperkenalkan dunia sastra kepada anak muda, lingkup #SelasaSatra diadakan tidak hanya di daerah Bantul tapi juga di luar Bantul. Menarik minat anak muda untuk berkarya sastra membuat acara #SelasaSatra memodifikasi dengan memberikan doorprize terhadap peserta yang menjawab kuis dari pembawa acara.

Hal menarik yang diusungkan oleh acara #SelasaSatra pada malam ini adalah adanya penentuan dresscode. Sesuai dengan tema pada acara malam ini, laki-laki menggunakan baju pahlawan idola sedangkan perempuan menggunakan kebaya merah jarik/rok putih. Acara #SelasaSastra digelar secara gratis dan tanpa syarat untuk bergabung.

Ragam acara ini dilakukan untuk memajukan sastra khususnya di daerah Bantul. Pemilihan tempat untuk #SelasaSatra dilakukan di berbagai tempat di Bantul. Ragam acara ini diperuntukkan untuk membuka kesadaran masyarakat Bantul akan karya sastra.

Komentar atas Jika Merdeka Benar Adanya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License