Sosialisasi Aplikasi Dukcapil Smart Bantul oleh Mahasiswa KKN UNY bagi Penerima PKH Padukuhan Bendo

Printa Kusumastuti 14 Agustus 2023 09:01:57 WIB

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan acara Sosialisasi Aplikasi Dukcapil Smart Bantul kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Padukuhan Bendo pada Senin (7/8/2023) dan Selasa (8/8/2023).

Nanda Ari Nugraheni, Pengurus PKH Padukuhan Bendo memberikan kesempatan bagi Mahasiswa KKN UNY untuk mengisi materi pada pertemuan rutin PKH bulan ini. Materi diisi oleh Safira Sisikadewi, Mahasiswa KKN UNY yang mengenalkan Aplikasi Dukcapil Smart Bantul sebagai inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul.

Sosialisasi dilakukan 4 kali bertempat di rumah warga. Hari pertama di rumah Bu Rahmi dan Bu Asih (7/8/023) dengan peserta berjumlah 59 orang. Sedangkan hari kedua di rumah Bu Naning dan Bu Kuncari (8/8/2023) dengan peserta berjumlah 54 orang. Permasalahan yang disampaikan masyarakat Padukuhan Bendo terkait pengurusan dokumen administrasi kependudukan adalah kurangnya pengetahuan cara melakukan pengajuan administrasi kependudukan sehingga seringkali masyarakat kebingungan dan mengalami kendala-kendala teknis.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Penerima PKH yang menghadiri acara sosialisasi tersebut dipandu Mahasiswa KKN UNY untuk memahami dan menggunakan aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Acara berlangsung dengan lancar dan berhasil menarik perhatian masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul.

Masyarakat menjadi paham bahwa pengurusan dokumen administrasi kependudukan tidak mengeluarkan biaya dan dapat diurus secara mandiri. Sebelumnya, masyarakat sering kali bergantung pada orang lain untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan yang berakibat masyarakat harus mengeluarkan biaya, tetapi setelah diberikan pengertian pengurusan dokumen kependudukan dengan sederhana, masyarakat menjadi lebih percaya diri untuk mengurusnya secara mandiri dan melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul.

Komentar atas Sosialisasi Aplikasi Dukcapil Smart Bantul oleh Mahasiswa KKN UNY bagi Penerima PKH Padukuhan Bendo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License