Kelompok Jaga Warga Gunungsaren Lor Ikuti Sosialisasi Kepemiluan dari Satpol PP DIY

Admin Trimurti 09 Agustus 2023 19:29:34 WIB

Ketua Jaga Warga Padukuhan Gunungsaren Lor Drs. Suharyana di damping Dukuh Gunungsaren Lor Suwardi bersama personil jaga warga padukuhan menghadiri secara langsung dan menyampaikan arahan pada acara sosialisasi kepemiluan dan penyerahan rompi Jaga Warga di Pendopo Kalurahan Poncosari Kapanewon Srandakan. Rabu (09/08/23)

Dalam serangkaian acara tersebut dihadiri Waki Buapati Bantul Joko B Purnomo  kasat Pol PP DIY Noviar Rahmad, M.Si,  Anggota DPRD DIY Andriana,  Panewu Srandakan, Lurah Poncosari, Jagabaya Trimurti.

Sebagai nasasumber dalam acara sosialisasi kepemiluan Andriana menyampaikan Pergub DIY No.28 Tahun 2021 bahwa Jaga warga dibentuk di setiap padukuhan di DIY sebagai pendukung Keistimewaan Yogyakarta , Jaga Warga diharapkan dapat mendukung terciptanya ketentraman dan ketertiban umum di tengah kehidupan bermasyarakat. bersinergi dengan semua lini masyarakat dan pemerintah.

Sementara itu Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo menyampaikan kepada Kelompok Jaga Warga bahwa fungsi dari Jaga Warga adalah sebagai mediator dalam menyelesaikan konflik sosial dan motivator dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.

Tidak hanya itu, mereka juga berwenang mengundang pihak-pihak berkepentingan dalam upaya meminta keterangan. Bahan keterangan tersebut akan digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan. Guna mencegah terjadinya konflik, Jaga Warga diimbau untuk waspada, peka, dan menganalisis. Potensi konflik juga menjadi bagian yang dipetakan. Dengan begitu terdapat patokan untuk memelihara stabilitas sosial.

Dalam kesempatan ini sekaligus dilakukan penyerahan rompi secara simbolis kepada ketua Kelompok Jaga Warga oleh Waki Buapati Bantul Joko B Purnomo  

Komentar atas Kelompok Jaga Warga Gunungsaren Lor Ikuti Sosialisasi Kepemiluan dari Satpol PP DIY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License