Sosialisasi “GEMARI”

Printa Kusumastuti 20 Juli 2023 11:56:19 WIB

Pada hari Senin tanggal 17 Juli 2023, mahasiswa KKN-PPM UGM melaksanakan sosialisasi “GEMARI” atau sosialisasi mengenai gemar makan ikan. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya ibu yang mempunyai balita untuk mulai mengkonsumsi mengingat angka konsumsi ikan di Yogyakarta sekitar 35.51 kg/kapita dalam setahun dan Bantul sendiri berada di posisi ke-3 DIY dengan angka konsumsi 31,5 kg/kapita dalam setahun. Harapannya dengan adanya sosialisasi mengenai gemar makan ini dapat meningkatkan tingkat konsumsi makan ikan. Ikan sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu merupakan sumber protein terbaik, menurunkan penyakit autoimun dan diabetes tipe I pada anak, menurunkan resiko asma pada anak, meningkatkan kecerdasan dan penglihatan pada tumbuh kembang anak dan merupakan sumber vitamin D terbanyak.

Sosialisasi ini dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan posyandu balita yang biasa dilakukan sebulan sekali di padukuhan Puron. Kegiatan ini dimulai dengan penimbangan balita, pengukuran tinggi badan dan pengukuran lingkar kepala balita. Setelah itu dilakukan sosialisasi gemar makan yang berisi pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video demonstrasi olahan nugget ikan. Tujuan dari pemberian demonstrasi ini untuk memberikan saran mengenai pengolahan ikan yang mudah dibuat. Selain itu sosialisasi ini juga didukung dengan media pembelajaran lainnya seperti brosur, poster dan booklet.

Tujuan dari sosialisasi mengenai gemar makan ini adalah untuk meningkatkan konsumsi makan ikan, dimana ikan ini sangat berguna bagi 1000 hari pertama kehidupan seperti ibu hamil membutuhkan Zc dan Sodium pada 270 hari masa kehamilan dan pada usia 1-2 tahun dibutuhkan Omega 3 dan DHA untuk pembentukan otak. Selain itu dengan mengkonsumsi ikan diharapkan dapat digunakan untuk pencegahan stunting dimana salah satu cara pencegahan stunting adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dimana itu terdapat dalam ikan.

Komentar atas Sosialisasi “GEMARI”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License