Tingkatkan Literasi Pelaku UKM Lewat Bedah Buku Kaya Raya dengan Bisnis UKM

Printa Kusumastuti 15 Juni 2023 12:12:31 WIB

Dalam rangka meningkatkan literasi pada pelaku UKM, Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bedah Buku Kaya Raya dengan Bisnis UKM di Omah Bubrah Trimurti Srandakan Bantul pada Selasa (13/6/2023). Buku ini merupakan karangan Deddy Romero, Juara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Kewirausahaan.

Sukrisna Dwi Susanta, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul menyampaikan untuk pelaku UKM, buku ini sebaiknya dibaca untuk menambah wawasan dalam berwirausaha. “Di sini adalah tempat lahirnya Mie Letek, dan masih bertahan sampai saat ini. Selain itu ada produk UKM yang dilahirkan dari kearifan penduduk di Kabupaten Bantul ini. Buku yang dibahas pada hari ini merupakan buku yang direkomendasikan untuk pelaku UKM,” ucapnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyampaikan buku ini baik untuk diketahui oleh pelaku bisnis kecil dan menengah. Karena setiap UKM pasti ingin usahanya berkembang. Untuk mengembangkan usaha perlu ilmu pengetahuan, salah satunya dari buku ini.  “Pengusaha yang sukses adalah yang mampu menghadapi badai tantangan dan rintangan dalam usahanya. Oleh karna itu seorang pengusaha harus memiliki daya juang tidak mudah putus asa. Untuk itu, siaplah jadi orang sukses yang mampu melewati tantangan dan rintangan. Rumus ATM harus dipraktikan, yaitu amati, tiru dan modifikasi,” ucapnya. 

Halim menambahkan, semoga dari bedah buku ini, akan ada informasi yang menguatkan hati, mencerahkan pikiran sehingga menjadi lebih baik dalam mengelola UKM. Harapannya, UKM di Kabupaten Bantul dapat berkembang dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Bantul. Deddy Romero selaku penulis mengatakan buku ini hadir untuk memberikan semangat kepada kaum muda agar dapat membangun usahanya secara mandiri melalui UKM. 

“Melalui buku ini, penulis berharap dapat menginspirasi dan memotivasi anak muda untuk semakin memajukan UKM di Indonesia demi meningkatkan perekonomian bangsa sehingga menjadikan rakyatnya sejahtera. Buku ini dilengkapi dengan tips menjalankan usaha dan kisah pengalaman dalam menjalankan bisnis,” jelasnya. Selanjutnya, Emi Masruroh Halim selaku Bunda Literasi yang turut hadir dalam kesempatan ini menyampaikan literasi tidak hanya membaca buku, tapi juga membaca keadaan. Sehingga setelah mendapat informasi, maka akan berpikir untuk mendapatkan kesimpulan. Salah satu sumber literasi yaitu membaca buku. Kecenderungan masyarakat membaca buku masih rendah. Untuk itu ia mengajak masyarakat Bantul budayakan membaca buku untuk menambah wawasan.

“Buku ini menceritakan seorang wirausahawan harus mengurus banyak izin. Itu merupakan proses yang harus dijalani. Etika berbisnis penting juga untuk berorganisasi. Berorganisasi menguatkan jaringan, memberi literasi bagaimana strategi pengusaha pengusaha lain dalam menjalankan bisnisnya.Semoga buku ini bisa meningkatkan wawasan pembacanya dan membuat pembacanya ingin membaca buku yang lain lagi,” pungkasnya.

Komentar atas Tingkatkan Literasi Pelaku UKM Lewat Bedah Buku Kaya Raya dengan Bisnis UKM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License