Sosialisasi Branding UMKM pada Dusun Lopati

Printa Kusumastuti 27 Januari 2023 08:47:29 WIB

KKN tematik regular kelompok 086 menjadi salah satu kelompok yang melakukan pengabdian pada penempatan di Dusun Lopati, Kalurahan Trimurti, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul dengan mengangkat tema “Optimalisasi Branding UMKM untuk Menjadikan Ikon Desa Lopati”. Salah satu program kerja sudah terlaksana pada hari Kamis, 26 Januari 2023 yang bertempat di Posko KKN kelompok 086 Dusun Lopati yaitu sosialisasi mengenai branding UMKM yang merupakan tahapan awal. Sosialisasi diisi oleh Ir. Putri Rachmawati., ST., M.Eng selaku Dosen Pembimbing Lapangan dan rekannya, Linda Kusumastuti Wardana., S.Pd., M.Sc selaku Dosen Akuntansi UMY. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan pendampingan dari pihak KKN kelompok 086.

Terdapat 2 (dua) mitra UMKM yang mendapatkan perhatian lebih pada bantuan program branding UMKM, diantaranya UMKM produksi bakpia dan jamu tradisional. Pada kegiatan tersebut, kedua mitra diberikan sosialisasi berupa edukasi mengenai pentingnya branding yang disandingi oleh pemasaran digital dan media sosial. Di mana edukasi yang dimaksud berkaitan dengan pembuatan merk, logo, slogan, variasi rasa, media sosial, whatsapp bisnis, pengambilan foto produk, dan sosialisasi pembukuan dalam keuangan.

Secara garis besar, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menciptakan UMKM sebagai ikon di Dusun Lopati serta meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM mengenai branding maupun pengetahuan terkait pemasaran digital dan manfaat media sosial dalam kemajuan UMKM. Semoga semangat yang dimiliki oleh setiap pelaku atau mitra UMKM dapat berkelanjutan serta sosialisasi maupun pendampingan yang dilakukan dapat bermanfaat.

Komentar atas Sosialisasi Branding UMKM pada Dusun Lopati

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License