KEGIATAN POSYANDU DI DESA CAGUNAN

Printa Kusumastuti 25 Januari 2023 11:35:53 WIB

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu merupakan sebuah program yang dicanangkan pemerintah untuk mengupayakan pelayanan kesehatan ibu dan anak secara optimal. Di Desa Cagunan Posyandu ditujukan kepada lansia dan anak anak yang bertujuan untuk memantau Kesehatan lansia dan anak-anak balita dengan program kesehatan anak, imunisasi, pemantauan gizi anak, serta pengecekan tensi guna mencegah resiko mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Desa Cagunan, Kalurahan Trimurti, Kapanewon srandakan, Kabupaten Bantul rutin menyelenggarakan posyandu setiap bulannya pada tanggal 21 yang biasanya dilaksanakan dirumah ketua Padukuhan Cagunan yang didampingi oleh Kader PKK dan kelompok KKN 038 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Posyandu ini diikuti oleh RT 114 hingga RT 119 dengan jumlah lansia kurang lebih 70 orang dan anak-anak kurang lebih 40 anak.

Untuk meningkatkan kesehatan dan perbaikan gizi, Posyandu di Desa Menampu melakukan beberapa upaya diantaranya adalah pemberian imunisasi pada balita serta melakukan pengecekan tensi, GDS, kolesterol, dan asam urat. Kegiatan ini dilakukan dimulai dengan melakukan pengecekan suhu, pendataan, pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala pada balita. Sedangkan pada lansia, dimulai dengan pendataan, pengecekan suhu badan, pengukuran tinggi badan dan berat badan, dan yang terakhir dilakukan pengukuran tensi serta GDS, Kolesterol dan asam urat.

Komentar atas KEGIATAN POSYANDU DI DESA CAGUNAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License