Peranan Taman Pendidikan Al-Quran dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Masjid Baiturrahman

Printa Kusumastuti 25 Januari 2023 11:23:48 WIB

Pada hari Senin 23 Januari 2023 kami dari kelompok KKN UMY 235 melakukan kunjungan sekaligus membantu mengajar anak-anak TPA di Masjid Baiturrahman dusun Bendo.  Kegiatan TPA di Masjid Baiturrahman dilaksanakan 3 kali dalam seminggu yaitu di hari Senin, Kamis, dan Sabtu. TPA tersebut dilaksanakan sekitar pukul 16.00 sampai maghrib. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kegiatan seperti belajar mengaji dengan tajwid yang benar, materi agama islam sesuai jenjang umur mereka, dan juga diselingi oleh permainan atau games.

TPA atau Taman Pendidikan Al-Quran merupakan salah satu bentuk pendidikan non formal yang ada di Indonesia. TPA menjadi wadah bagi para orang tua untuk anak-anaknya dalam mendapatkan ilmu agama diluar sekolah, khususnya Sekolah Negeri yang cenderung cakupan ilmu agamanya lebih sempit dibandingkan dengan Sekolah Islam atau Madrasah. Pembentukan atau pendidikan karakter menjadi sangat penting diera jaman sekarang ini. Kemajuan jaman menjadi alasan mengapa teknologi semakin canggih. Smartphone bahkan tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa namun juga anak-anak usia dibawah umur. Dunia yang seharusnya tidak boleh dijangkau oleh anak-anak akan tetapi karena dampak negatif dari kemajuan teknologi menjadikan anak-anak dibawah umur mengetahui hal-hal yang bukan dunia nya tersebut. Akibat hal tersebut anak-anak terjerumus kedalam hal-hal buruk, contoh kasus 3 anak berusia 8 tahun memperkosa siswi TK berusia 6 tahun. Bukankah sangat miris kasus tersebut menimpa pada anak usia dibawah umur. Kasus diatas menjadi salah satu alasan betapa pentingnya pembentukan karakter anak sejak usia dini. Melalui Taman Pendidikan Al-Quran diharapkan mampu membentuk karakter anak sesuai ajaran islam. Maka dari itu, diharapkan didalam TPA tidak hanya mengajarkan bagaimana membaca Al-Quran dengan ilmu tajwid melainkan juga ilmu-ilmu agama yang lain, seperti Fiqh, Aqidah, dan Akhlak.

Karakter terbentuk karena kebiasaan seseorang, apabila anak-anak dibiasakan oleh kebiasaan yang baik maka akan menjadikan karakter yang baik pula. Misalnya yaitu, anak dibiasakan untuk bertutur kata yang baik dan sopan maka ia akan memiliki karakter yang tidak suka bertutur kata buruk atau tidak sopan. Masih ada banyak lagi pembentukan-pembentukan karakter anak sejak usia dini yang lainnya melalui Taman Pendidikan Al-Quran tersebut.

Komentar atas Peranan Taman Pendidikan Al-Quran dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Masjid Baiturrahman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License