Nonton Bareng dan Diskusi Film Kartini

15 September 2022 11:53:00 WIB

Pada hari Minggu 18 September 2022 pukul 20.00, mahasiswa KKN UNY dusun Puluhan Kidul mengadakan kegiatan "Nonton Bareng dan Diskusi Film Kartini". Kegiatan tersebut dihadiri oleh 10 anggota mahasiswa KKN UNY dan sekitar 30 remaja Karang Taruna dusun Puluhan Kidul. Nonton bareng film dan diskusi film Kartini ini diadakan di Pendodo dusun Puluhan Kidul. Film Kartini karya Hanung Bramantyo ini berkisah tentang perjuangan Kartini melawan budaya patriarki yang ada di suku Jawa. Pemilihan film yang bertemakan sejarah dan patriarki ini dikarenakan agar kelak remaja Karang Taruna di Dusun Puluhan Kidul dapat lebih kritis terhadap isu-isu sosial yang terjadi di sekitar mereka dan meningkatan daya minat film sejarah.

Suasana pada saat pemutaran film juga dibuat seolah-olah sedang berada di bioskop, lampu dipadamkan dan hanya tersisa dari cahaya proyektor, setelah pemutaran film selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi. Diskusi membahas tentang bagaimana perlawanan Kartini pada budaya patriarki juga respon anggota keluarga terhadap perlawanan Kartini. Diskusi juga sedikit menyinggung budaya patriarki yang terjadi di sekitar kita dan feminisme. (INN)

Komentar atas Nonton Bareng dan Diskusi Film Kartini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License