Peningkatan Literasi melalui Pengembangan Omah Baca Bendo Nyawiji

09 September 2022 09:47:06 WIB

Dalam Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Di Padukuhan Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul, terdapat banyak kegiatan yang dilaksanakan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membangun pojok baca di kedai Nyawiji dusun Bendo. Pembuatan pojok baca dilakukan secara kreatif. Kegiatan dalam membangun pojok baca di kedai Nyawiji ini, hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan tempat yang akan digunakan untuk ruang pojok baca dengan cara menyapu dan memindahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai sehingga tempat yang akan digunakan menjadi lebih bersih dan lebih tertata, setelah itu, dilakukan pemilahan dan pemilihan buku yang sudah ada sebelumya sehingga diperoleh buku-buku yang layak untuk dibaca.
Pojok baca ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan minat literasi anak-anak padukuhan Bendo. Buku-buku yang disediakan di pojok baca berasal dari donatur KKN sebelumnya. Mahasiswa KKN UNY 2022 juga menambahkan beberapa buku yang diperoleh dari hasil donasi. Pengajuan open donasi buku dilakukan secara daring melalui platform instagram, whatsApp, dan gmail. Open donasi juga dilakukan secara luring dengan cara mengajukan proposal ke beberapa penerbit, toko buku dan balai bahasa DIY. Rak buku yang akan digunakan untuk pojok baca disediakan dengan cara membuat sendiri.
Adanya pembaruan dan pembuatan pojok baca ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi warga dusun Bendo. Salah satu dampak positif yang diharapkan adalah meningkatnya minat baca anak-anak, hal tersebut didukung dengan semakin mudahnya akses untuk membaca berbagai buku di omah baca Bendo Nyawiji. (INN)

Komentar atas Peningkatan Literasi melalui Pengembangan Omah Baca Bendo Nyawiji

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License