Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan

31 Agustus 2022 09:22:04 WIB

Minggu (28/8/2022) pukul 09.00 WIB, KKN UNY 26101-2022 menyelenggarakan kegiatan membatik dengan anak-anak di Kedai Bendo Nyawiji. Jenis membatik yang dipilih adalah membuat batik jumputan. Batik jumputan atau biasa dikenal sebagai batik ikat celup dipilih karena mudah dan tidak membahayakan bagi anak-anak, dalam kegiatan pelaksanaan ini, antusiasme anak-anak sangat tinggi, sebelum acara ini dilaksanakan, anak-anak sudah menanyakan kapan kegiatan tersebut dilaksanakan. Beberapa anak juga datang lebih awal untuk membantu mencari kerikil yang digunakan untuk membuat pola.

Pelaksanaan praktik pembuatan batik jumputan ini dilakukan oleh anak-anak secara berkelompok menjadi 6 kelompok yang mana tiap kelompok diberi 1 pendamping dari teman-teman KKN. Setiap kelompok akan diberikan satu potong kain mori untuk mereka buat pola dengan kreativitas yang mereka miliki, selesai membuat pola, anak-anak diajak untuk mewarnai kain tersebut dan diajak untuk menyiapkan larutan pewarnanya. Anak-anak sangat aktif untuk ikut serta mencelup kain ke dalam larutan pewarna, sehingga pendamping memberikan kesempatan kepada semua anak untuk secara bergantian mencelup kainnya. Kegiatan tersebut dapat terlaksana secara runtut dan menyenangkan. Anak-anak akan diminta untuk melanjutkan mewarnai kain batik mereka pada minggu selanjutnya bersamaan dengan kegiatan pelatihan menyanyi. (INN)

Komentar atas Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License