Pemetaan Lokasi Rumah Warga di Sawahan

30 Agustus 2022 09:56:55 WIB

Peta adalah gambaran permukaan bumi baik sebagian atau secara keseluruhan. Keberadaan peta sangat penting guna memberikan informasi terkait lokasi, jarak, dan arah suatu tempat. Peta juga bertujuan memberikan informasi khusus seperti peta lokasi rumah dalam wilayah tertentu. Beberapa dari aspek tersebut mahasiswa KKN UNY Sawahan memutuskan untuk membuat peta lokasi rumah warga. Rabu (23/8), Kelompok KKN Sawahan UNY melaksanakan kegiatan Pemetaan rumah di Dusun Sawahan RT41. Pemetaan ini dilaksanakan mulai pukul 12.00 WIB hingga selesai. Pemetaan ini bertujuan untuk memenuhi fasilitas peta tiap RT di Sawahan dan pembaharuan peta lokasi rumah di Sawahan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa KKN UNY di Sawahan secara bersama-sama.

Langkah awal yang dilakukan dalam pembuatan peta yaitu mengumpulkan referensi denah rumah dari tahun sebelumnya. Mahasiswa KKN UNY dusun Sawahan berjalan kaki mengelilingi wilayah RT 41 secara bersama-sama. Mahasiswa KKN UNY menghitung rumah yang ada di sepanjang jalan utama maupun jalan setapak yang ada. Terdapat 28 rumah warga, satu makam dan satu paud di RT 41.

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan penyempurnaan sketsa peta RT 41 yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses pembuatan peta secara digital. Observasi peta RT 41 adalah observasi ke enam yang dilakukan Mahasiswa KKN UNY Sawahan dalam membuat peta lokasi rumah dusun Sawahan. (INN)

Komentar atas Pemetaan Lokasi Rumah Warga di Sawahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License