SENAM ANTI NARKOBA UNTUK ANAK PAUD HARAPAN KITA DUSUN CAGUNAN

29 Agustus 2022 10:44:29 WIB

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta Kelompok K2022-26107 di Desa Cagunan, Kelurahan Trimurti, Kecamatan Srandakan, Bantul memiliki berbagai macam program kegiatan dimana salah satu kegiatan yang kami lakukan ialah membantu mengajar anak-anak di PAUD Harapan Kita yang terletak di Desa Cagunan.
Pada hari Rabu, 24 Agustus 2022, Pukul 09.00, mahasiswa KKN UNY bersama staff pengajar PAUD bersama-sama melakukan proses pembelajaran dengan tema “Lingkungan”. Kegiatan ini diikuti oleh 9 anak didik PAUD, 4 staff pengajar, dan 3 mahasiswa KKN UNY. Proses pembelajaran berlangsung selama 2 jam yaitu dimulai pukul 09.00 sampai 11.00. Salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah mensosialisasikan dan melakukan senam anti narkoba. Kegiatan senam diikuti anak-anak dengan gembira dan antusias walaupun dilaksanakan di dalam ruang kelas. Meskipun belum hafal sepenuhnya gerakan senam anti narkoba, anak-anak tetap serius memperhatikan dan menirukan gerakan-gerakan yang ditayangkan pada layar serta mengikuti irama music dengan penuh semangat.
Pelaksanaan senam anti narkoba pada proses pembelajaran PAUD bertujuan memberikan informasi dan himbauan kepada anak-anak bahwa narkoba itu sangat berbahaya dan bersama-sama mengajak anak-anak untuk melakukan pemberantasan narkoba sejak dini, selain itu, senam juga dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan membantu perkembangan fisik motorik anak PAUD. Pendapat dari Catron dan Allen yaitu ”kesempatan luas untuk bergerak, pengalaman belajar, aktivitas otot besar dan kecil memungkinkan anak untuk memenuhi perkembangan perseptual motorik”, yang berarti dengan bergerak dan bermain anak-anak akan belajar mengenai makna-makna dari gerakan, selain pada motorik kasar juga kepada estetika dimana mereka belajar mengontrol diri dengan gerakan senam yang sesuai dengan musik, mereka juga dapat melatih gesture tubuh dengan mengikuti alunan musik. Bagi tubuh anak, senam memiliki manfaat untuk menguatkan otot tubuh dan tulang, membakar energi berlebih di anak serta menyehatkan jantung. (INN)

Komentar atas SENAM ANTI NARKOBA UNTUK ANAK PAUD HARAPAN KITA DUSUN CAGUNAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License