Taman pendidikan Al-Qur’an Caguna

29 Agustus 2022 10:43:37 WIB

Taman Pendidikan Al-Qur'an (disingkat TPAatau TPQ) merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini dan memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. TPA/TPQ setara dengan RA dan taman kanak-kanak (TK).

TPA di dusun cagunan yang bertempat di masjid Nurul Huda pada hari rabu, 24 Agustus 2022, di ikuti oleh 20 santri, sedangkan untuk pengajarnya ada 2 ustadz dan 2 ustadzah. Bentuk kegiatan disana pertama diisi materi lalu dilanjutkan membaca iqro/Al-Qur’an. Untuk materinya pada hari itu tentang thaharah (bersuci), santri di ajarkan cara-cara bersuci terutama wudhu. Pertama diajarkan rukun wudhu mulai dari niat sampai gerakan gerakan wudhu yang baik dan benar. Antusias santri dalam memperhatikan materi sangat baik kebetulan yang mengisi pada hari itu yaitu mas Alda Adiatma dari KKN UNY.

Dengan adanya mahasiswa KKN antusias santri dalam mengikuti TPa berkembang pesat Santri biasanya yang berangkat hanya sekitar 10 ,kali ini santri yang berangkat mencapai 20 santri. (INN)

Komentar atas Taman pendidikan Al-Qur’an Caguna

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License