Pelatihan Ecoprint di Padukuhan Proketen

Printa Kusumastuti 04 Agustus 2022 10:38:08 WIB

Rabu, 3 Agustus 2022 KKN UST Padepokan 014 mengadakan Pelatihan Ecoprint pada siang hari di dusun Proketen, Trimurti, Srandakan, Bantul. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan ibu-ibu dusun Proketen agar bisa memiliki hobi atau bahkan menjadi usaha yang akan mengdongkrak penghidupannya.

Acara pelatihan kali ini dibimbing oleh mahasiswa KKN UST Padepokan 014, dengan langsung praktek di Balai Satria dusun Proketen, diikuti oleh 11 orang ibu-ibu. Pelatihan ini memiliki sisi positif bahwa penggunaan pewarna kimia pada kain bisa diminimalisir dengan pewarna alami seperti warna pada daun dan tumbuhan lainnya. Telah kita ketahui bahwa Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki beraneka ragam jenis tumbuhan dan sebagian besar adalah tumbuhan dedaunan karena dibagian barat Indonesia memiliki iklim hutan hujan.

Ecoprinting sendiri adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Dengan pelatihan ini kami dari KKN UST Padepokan 014 berharap bisa memunculkan usaha baru yang akan menjadi pendongkrak penghidupan masyarakat di dusun Proketen. (INN)

Komentar atas Pelatihan Ecoprint di Padukuhan Proketen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License