Pangripta Trimurti Ikuti Bimingan Teknis Penyusunan Perundang-undangan Tingkat Kalurahan

28 Juli 2022 09:38:51 WIB

Para Perancang Peraturan Perundang-undangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY berbagi ilmu tentang perancangan peraturan perundang-undangan dalam Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Kegiatan ini diikuti aparatur Pemerintah Kapanewon dan Kalurahan di Kabupaten Bantul. Melalui kegiatan ini, Bagian Hukum Setda Kabupaten Bantul ingin meningkatkan kemampuan aparatur Pemerintah Kapanewon dan Kalurahan dalam penyusunan peraturan perundang-undangan di tingkat Kalurahan. Bimbingan Teknis Penyusunan Peraturan Perundang-undangan ini dilaksanakan di Hotel Ros-In, Yogyakarta, Senin-Selasa (25-26/7/2022).

Turut serta menjadi Narasumber pada kesempatan tersebut antara lain Paniradya Pati Propinsi D.I.Yogyakarta - Ibu PUJI WIRANTI,S.TP.,MPA., yang memberikan Materi dengan tema PERAN KALURAHAN DALAM MEWUJUDKAN KEISTIMEWAAN D.I.YOGYAKARTA, Biro Hukum Propinsi D.I.Yogyakarta-Bp.YANUAR PURNAWAN,S.H.,M.H., yang memberikan Materi bertema PERAN KAPANEWON DALAM PEMBUATAN DAN EVALUASI PERATURAN KALURAHAN, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Propinsi D.I.Yogyakarta - Ibu WAHYU SAPUTRO yang memberikan Materi berupa PENGANTAR UMUM PEMBUATAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN.

Para Perancang menyampaikan materi pembentukan peraturan perundang-undangan berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, serta melakukan pendampingan dalam praktik pencermatan beberapa draf Peraturan Kalurahan di Kabupaten Bantul.

Materi dalam bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para Carik dan aparatur Pemerintah Kapanewon tentang Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-undangan sebagai salah satu upaya pemenuhan asas pembentukan perundang-undangan yang baik, sehingga produk hukum Kalurahan yang dihasilkan dapat dilaksanakan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat di Kalurahan. (INN)

Komentar atas Pangripta Trimurti Ikuti Bimingan Teknis Penyusunan Perundang-undangan Tingkat Kalurahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License