Tradisi Ruwahan Padukuhan Proketen

28 Maret 2022 11:08:26 WIB

Menjelang bulan Ramadhan Warga Padukuhan Proketen Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan melakukan tradisi Ruwahan untuk menyambut bulan suci tersebut. Tradisi untuk mendoakan para leluhur mereka dan berbagi sedekah dengan orang-orang sekitar di Balai Satria, Jumat (25/3). Hadir Dalam Acara tersebut Dukuh Proketen Susanto Suryo Nugroho, Kaum Rohis, Tokoh masyarakat dan warga Padukuhan.

Tradisi kebudayaan menyambut bulan puasa yang dilakukan oleh masyarakat ini diadakan saat pertengahan bulan Ruwah, atau bulan kedelapan kalender Jawa, yang bertepatan dengan Sya’ban dan kalender Tradisi ruwahan ditandai dengan kegiatan ziarah kubur dan makan besar bersama kerabat.

Dukuh Proketen Susanto Suryo Nugroho menyampaikan Tradisi Ruwahan ini menjadi tradisi yang berfungsi untuk mendoakan para leluhur agar di alam baka dapat hidup tenteram mulia di surga dan anak keturunannya dilindungi oleh para leluhurnya. ruwahan tersebut juga memiliki arti tersendiri. Bersedekah dengan membagikan makanan tersebut merupakan bentuk amal, sedangkan membersihkan makam leluhur merupakan bentuk perhatian yang menjadi penanda bahwa kita tidak melupakan orang tua dan para leluhur. (INN)

 

Komentar atas Tradisi Ruwahan Padukuhan Proketen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License