Masyarakat Padukuhan Sapuangin Bersih Makam Menjelang Ramadhan

22 Maret 2022 12:19:50 WIB

Minggu (20/3)  bertempat di Makam Dwilaya Padukuhan Sapuangin Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan. Masyarakat setempat berbondong-bondong melaksanakan Kerja Bakti Bersih Makam. Kegiatan ini dilaksanakan di dalam dan luar makam. Kegiatan dilaksanakan secara gotong royong, warga hadir dari jam 07.00 WIB. Bersih makam ini dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga tradisi dan supaya memberikan rasa nyaman bagi para peziarah.

Masyarakat terlihat membawa perlengkapan seperti cangkul dam sabit, setelah memasuki makam, seperti sudah mengetahui tugasnya, mereka mulai membersihkan rumput di areal makam. Tradisi ini merupakan salah satu yang biasa dilakukan umat muslim di Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan gorongroyong membersihkan makam. (INN)

Masyarakat tampak guyub membersihkan rumput dan tanaman yang tumbuh liar di areal makam desa, ada yang merapikan tanamn yang tumbuh liar dengan memorongnya menggunakan sabit, ada juga yang membersihkan rumput dengan cangkul. Masyarakat lainnya mengumpulkan rumput dan batang pohon yang kering untuk dibakar. (INN)

Komentar atas Masyarakat Padukuhan Sapuangin Bersih Makam Menjelang Ramadhan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License