Penyuluhan Pencarian Jati Pada Remaja Mangiran

15 Februari 2022 11:40:42 WIB

Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada fase ini banyak perubahan yang terjadi pada remaja baik secara fisik maupun psikis. Kemajuan teknologi sepertinya tidak selalu berdampak positif, justru dengan adanya kemudahan yang didapatkan oleh remaja, membuat remaja kesulitan untuk menentukan jati diri mereka.

Menyikapi permasalahan tersebut, Dusun Mangiran bersama KKN 105 UMY berusaha untuk membantu para remaja Dusun Mangiran keluar dari zona nyaman mereka. Pada Sabtu, 12 Februari 2022, dilaksanakan penyuluhan pada remaja. Penyuluhan pada remaja yang bertemakan “Pencarian Jati Remaja Pada Remaja” dilaksanakan di Srambi Makam Ekalaya Mangiran dan dihadiri oleh lebih dari 50 orang.

Sebagai pembicara dari penyuluhan remaja kemarin, Ni Galuh Purwanti, alumnus Psikologi Universitas Gadjah Mada yang saat ini menjadi radio anncouncer dan voice over saat ini, melalui latar belakang dan pengalamannya di bidang komunikasi dan psikologi, Ni Galuh berhasil  menyampaikan materi dengan sangat baik dan memberikan insight baru pada para remaja mengenai jati diri. Para remaja yang hadir antusias memberikan pertanyaan kepada Ni Galuh dari materi yang disampaikan.

Menurut Ni Galuh, ada lima langkah bagaimana remaja mengenali diri mereka, pertama meluangkan waktu untuk diri sendiri, kedua self talk (berdialog dengan diri sendiri), ketiga tulis kelebihan dan kekurangan, keempat libatkan orang lain, kelima coba hal baru. Pesan terakhir yang Ni Galuh sampaikan untuk para remaja Mangiran adalah “Perjalanan terjauh bukanlah ke Amerika, India, atau Antartika. Lebih jauh dari itu, yaitu perjalanan menuju diri sendiri, selamat menempuh perjalanan terjauh”.

Sebagai apresiasi dari KKN 105 UMY  bagi yang harapannya dari penyuluhan tersebut, remaja mempunyai gambaran apa dan bagaimana jati diri itu. Remaja juga mulai belajar bagaimana pencarian jati diri dan mampu mengenali diri mereka. Hal ini tentunya penting sekali untuk masa depan mereka. (INN)

Komentar atas Penyuluhan Pencarian Jati Pada Remaja Mangiran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License