Kegiatan Belajar Bahasa Inggris Anak-Anak Dusun Celan

14 Februari 2022 12:34:07 WIB

Dewasa ini bahasa inggris semakin terasa penting keberadaannya, bahkan untuk mengetahui perkembangan dunia seperti teknologi, ekonomi dan kesehatan kita harus memahami bahasa inggris. Pada sistem pendidikan Indonesia saat ini, mata pelajaran Bahasa Inggris dihapuskan dari sekolah dasar. Hal tersebut tentu menyulitkan anak-anak untuk lebih bisa memahami bahasa inggris karena pada dasarnya belajar bahasa adalah pembiasaan sejak dini.

Melihat latar belakang tersebut, KKN kelompok 77 UPY memutuskan untuk melakukan sebuah kegiatan untuk memperkenalkan bahasa inggris kepada anak-anak di Dusun Celan, khususnya pada anak TK dan SD. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Rabu siang bertempat di Posko KKN kelompok 77 UPY. Pada minggu ke-2 bulan Februari, tepatnya tanggal 9 Februari 2022, kegiatan ini untuk pertama kalinya dilaksanakan.

Kegiatan tersebut meliputi pengenalan angka dan huruf dasar dalam bahasa inggris. Media yang digunakan juga menarik yaitu menggunakan video dan gambar-gambar sehingga anak-anak menjadi antusias dan lebih aktif. Pada awalnya anak-anak distimulasi dengan video-video angka lalu diberi kuis. Untuk menambah semangat anak-anak, diberikan juga reward berupa makanan ringan. Kegiatan pengenalan huruf, anak-anak diajak bernyanyi bersama kemudian bermain game. Game ini dilakukan dengan cara mencocokan gambar dengan kata yang ada di papan tulis. Kegiatan ini ditutup dengan bernyanyi bersama lagu “If You’re Happy and You Know.”(INN)

Komentar atas Kegiatan Belajar Bahasa Inggris Anak-Anak Dusun Celan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License