Wahyu Batako Press Mangiran

31 Januari 2022 10:48:42 WIB

Paving blok merupakan suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran air, semen dan pasir. Paving blok memiliki nilai estetika yang bagus, karena selain memiliki bentuk segi enam atau segi empat dapat juga bewarna seperti aslinya atau diberikan zat pewarna dalam komposisi pembuatannya. Paving blok sendiri juga berfungsi untuk lantai yang banyak digunakan diluar rumah seperti jalan umum atau jalan diluar bangunan serta tidak boleh ada yang retak-retak dan cacat.

Pada hari Kamis 27 januari 2022, Mahasiswa KKN 105 melakukan kunjungan pada salah satu UMKM batako yang bertempat dirumah Bapak Widodo. Pemilik UMKM batako ini adalah Bapak Widodo sendiri yang sudah berdiri sejak tahun 2019, lokasi UMKM batako tersebut terletak ditengah dusun mangiran yang bertepatan disebelah timur makam ekalaya. Kegiatan ini anggota KKN 105 membantu proses dalam pembuatan paving blok dan belajar bagaimana caranya membuat batako tersebut.

Proses pembuatan paving blok tersebut membutuhkan bahan campuran pasir 6 ember, semen 1 ember dan air secukupnya untuk menjadi paving blok yang kokoh dan bagus. Proses pembuatan paving blok tersebut ada dua cara yaitu dengan cara manual dan menggunakan mesin. Dalam proses pembuatan paving blok secara manual yaitu dengan cara mencampurkan pasir, semen dan air secara merata kemudian dimasukan dalam mesin atau alat press untuk mencetak paving tersebut agar komposisi dalam pembuatan batako tersebut tidak cacat atau retak-retak sehingga menghasilkan paving blok yang kokoh dan rapi. Paving blok tersebut diproduksi setiap hari dimulai dari jam 9 sampai jam 3 sore. (INN)

Komentar atas Wahyu Batako Press Mangiran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License