Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Dusun Proketen

27 Januari 2022 09:09:56 WIB

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kelompok 097 bertempat di Dusun Proketen, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Penerjunan dilakukan pada hari Kamis, 20 Januari 2022 secara daring melalui Zoom Meeting dan siaran langsung melalui akun resmi Youtube Official KKN UMY. Kemudian, pada hari Sabtu tanggal 22 Januari 2022 dilakukan Sosialisasi Program Kerja bertempat di rumah Bapak Susanto selaku dukuh Proketen dan dihadiri oleh dukuh, ketua RT, ketua Kelompok Wanita Tani (KWT), dan beberapa masyarakat Dusun Proketen. Dalam sosialisasi tersebut, kami menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan selama kegiatan KKN di Dusun Proketen, salah satunya Pemberdayaan KWT Dusun Proketen.

Pemberdayaan KWT menjadi program kerja utama yang diangkat oleh Kelompok 097. Setelah melalui diskusi pertama saat sosialisasi, diambil keputusan yaitu akan dilakukan pertemuan rutin 2 kali seminggu dalam waktu satu bulan, yaitu setiap hari Rabu dan Sabtu. Pertemuan pertama dilakukan pada hari Rabu 26 Januari 2022 yang bertempat di rumah salah satu anggota KWT. Dalam pertemuan tersebut dilakukan sosialisasi mengenai Digital Marketing dan dilanjutkan dengan diskusi pemilihan usaha yang sesuai dengan kompetensi Dusun Proketen. Keputusan yang dihasilkan dari diskusi tersebut adalah KWT akan memproduksi criping pisang yang diharapkan dapat menjadi ciri khas Dusun Proketen.

Selain itu, kelompok 097 melakukan analisa di kebun milik KWT. Beberapa tanaman yang dianalisa di kebun adalah tanaman cabai rawit, singkong, kacang panjang, dan terong. Hasil analisa sementara yaitu mencari penanganan untuk tanaman yang masih belum sempurna dalam proses pertumbuhannya, seperti terdapat kutu daun, daun berwarna kuning, dan daun yang berlubang. (INN)

 

Komentar atas Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Dusun Proketen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License