Pengembangan Usaha Melalui Digital Marketing

26 Januari 2022 11:05:55 WIB

Salah satu mata pencaharian yang dilakukan oleh warga Gunungsaren Lor adalah membuka usaha mikro kecil menengah atau biasa disebut dengan UMKM. Mulai dari usaha tahu, tempe gembus, hingga mebel ada disini, namun karena adanya pandemi UMKM mengalami penurunan omset yang cukup tajam. Banyak yang menurun hingga 100% dari keadaan sebelum pandemi. Untuk meningkatkan kembali keuntungan dibutuhkan waktu yang cukup lama. Melihat hal tersebut Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY) Kelompok 101 berinisiatif membuat sosialisai mengenai peningkatan pemasaran melalui digital.

Kegitan tersebut dilaksanakan pada Senin, 24 Januari 2022 bertempat di SD Gunungsaren yang dihadiri oleh 20 orang pelaku UMKM serta Bapak Suwardi selaku Kepala Dusun Gunungsarn Lor, di isi oleh salah satu alumni UMY, Muhammad Rahul Banyu Aji kegiatan tersebut berjalan dengan atraktif. Banyak peserta yang menanyakan terkait pengembangan usaha melalui digital.

Dalam sosialisai yang diberikan, Mas Rahul mengungkapkan bahwa digital marketing mengajak pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam mempromosikan sebuah usaha, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, membuat masyarakat lebih mengenal apa yang dijual atau usahakan. Ketua KKN Kelompok 101 berharap dengan adanya sosialisai ini pelaku UMKM di Desa Gunungsaren Lor mendapatkan insight yang dapat diterapkan pada usaha yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan omset pendapatan dan usaha yang dimiliki semakin berkembang. (INN)

Komentar atas Pengembangan Usaha Melalui Digital Marketing

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License