Panen Raya KWT Dusun Puron

05 Januari 2022 11:47:05 WIB

Kepala Dusun Puron Wahyudi Purwanto bersama dengan ibu-ibu melaksanakan panen raya di Kelompok Wanita Tani (KWT) Dusun Puron, Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan.  Selasa (4/1)

Dalam kesempatan itu, Wahyudi Purwanto menyampaikan bahwa panen bersama ini sebagai mendukung ketahanan pangan keluarga. Panen bersama yang menghasilkan sayuran seperti terong, pare, dan buah-buahan itu, diharapkan dapat memotivasi warga untuk melakukan budidaya tanaman dengan teknologi di lahan sempit. Penanaman juga tidak harus dilakukan di pekarangan jika memang lahahnnya tidak memungkinkan. Namun bisa  menggunakan penanaman sistem polybag.  Hasilnya bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk keluarga, namun bisa untuk masyarakat sekitar, bahkan bisa dijual untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain manfaat secara ekonomi, kegiatan ini untuk mengisi waktu di tengah pademi Corona, sehingga ibu-ibu tidak pergi jauh-jauh dari rumah, cukup di sekitar saja dan memanfatkan lahan untuk ketahanan pangan, tentunya bisa kumpul merekatkan silaturahmi. Rencana kedepan bukan hanya sayur saja, namun akan dikembangkan ke tanaman bunga dan tanaman lain yang bermanfaat.

Beliau juga berpesan, keberadaan ibu-ibu rumah tangga harus eksis, jangan mau kalah dengan laki-laki dalam berinovasi dan menuangkan ide-ide kreatifnya. Apalagi menurut dia, menanam sayur di pekarangan itu sangat mudah, bisa dilakukan ibu-ibu di waktu senggang, supaya bisa mendukung pangan keluarga. (INN)

 

Komentar atas Panen Raya KWT Dusun Puron

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License