BPP Dampingi Petani Berantas Hama Wereng

Administrator 25 November 2021 11:24:57 WIB

Wereng adalah sebutan umum untuk serangga penghisap cairan tumbuhan anggota ordo Hemiptera, subordo Fulgoro morpha, khususnya yang berukuran kecil. Karena eksklusif hidup dari tumbuhan, sejumlah anggotanya menjadi hama penting dalam budidaya tanaman. Selain sebagai hama tanaman, wereng ini juga merupakan vektor bagi penularan sejumlah virus yang menjadi penyakit penting bagi tumbuhan. Beberapa wereng yang berpotensi menjadi hama pada tanaman padi sawah, adalah: wereng hijau (Nephotettix spp.) penyebar virus tungro, wereng coklat (Nilaparvata lugens), dan wereng punggung putih (Sogatella furcifera). Wereng sulit dikendalikan karena memiliki berbagai biotipe yang masing – masing memiliki kesukaan tersendiri terhadap kultivar yang berbeda – beda pula.

Hama wereng termasuk salah satu hama penting pada pertanaman padi sawah. Hama ini sangat sulit dikendalikan mengingat kemampuannya bermutasi sedemikian cepat dalam menyesuaikan diri pada lingkungannya. Wereng coklat adalah hama yang mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan pada waktu yang cepat bahkan dapat menghasilkan varian baru dalam waktu singkat. Wereng coklat juga mampu resisten terhadap insektisida yang dianggap ampuh mengatasi hama ini sebelumnya.

Dalam rangka mengantisipasi serta pengendalian hama wereng pada tanaman padi, Jumat (19/11) Bulak sawah Dusun Proketen Kalurahan Trimurti Kapanewon Srandakan. Penyempretan itu dilkakukan oleh para petani setempat di damping BPP Srandakan, Babinsa, Babinkamtibmas serta Staff Kalurahan.

Suryanto salah satu staff Kalurahan Trimurti menyampaikan petani sangat senang dengan adanya tersebut, begitu juga dengan BPP Srandakan yang selalu terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License